/>

Belajar Memilih Kepada Sri Krisna, Pilkada Klungkung 2013

Pada tanggal 8 Agustus 2013 diadakan temu akrab yang diadakan di Desa Wisata budaya Kertalangu Denpasar Timur . Yang hadir adalah masyarakat Nusa Penida yang tinggal di daerah Denpasar, Gianyar, Taban dan sekitarnya. Hadir sekitar 200 orang dari berbagai profesi walaupun undangannya mendadak dan hanya mengandalkan sms berantai dan facebook. Acara tersebut ternyata menjadi ajang pertemuan masyarakat Nusa Penida seperti reunian, sahabat yang telah lama tidak berjumpa. Acara diadakan dengan didahului pemamparan visi misi Nyoman Suwirta Kasta, yang dilanjutkan dengan diskusi temu akrab. Pada sesi pemaparan Nyoman Suwirta menceritakan pengalamannya ketika mesimakrama dan mendatangi masyarakat Klungkung dua bulan terkahir ini. Disatu cerita ia mengatakan bahwa ada satu desa yang didatangi, masyarakat suatu desa tersebut mengatakan bahwa Nyoman Suwirta telah terlambat kedesanya. Lebih lanjut satu warga desa tersebut mengatakatan bahwa ada calon lain terlebih dahulu, tutur Suwirta. I Nyoman Suwirta menanggapi pernyataan warga desa tersebut dengan bijkasana. “apabila tiang duluan ke desa bapak, maka tiang akan terlambat ke desa yang lain, tetapi titian kesini mengajak seluru masyarakat Klung ksususnya Desa bapak yang balai banjarnya sudah jebol, jalnnya sempit dan rusak, untuk mengembalikan hak-hak dasar warga yaitu perbaikan yang selam ini hanya dijanji-janji belaka .

Dari cerita Nyoman Suwirta ini, seperti cerita dalam Mahabharata. Ketika perang Brata Yudha ini mau pecah, Pandawa dan Korawa sibuk mencari dukungan . Pandawa dan Korawa pun tidak ketinggalan mencari dukungan kepada Sri Krisna. Duryodana terlebih dulu mendatangi kediaman Sri Krisna. Ketika sampai dikediaman Sri Krisna, Duryodana menjumpai Sri Krisna sedang tertidur lelap.Doryudana tidak berani membangunkan Sri Krisna, kemudian duduk dikursi menunggui Sri Krisna tepat bersebelahan kepala Sri Krisna. Tidak berselang lama, Arjuna datang dengan maksud yang sama. Karena Arjuna melihat Sri Krisna sedang tidur lelap, ia mengambil kursi duduk tepat dikaki Sri Krisna. Beberapa lama kemudian Sri Krisna Terbangun. Karena Arjuna duduk tepat di kakinya Sri Krisna, Sri Krisna melihat Arjuna dan menyapanya terlebih dahulu. Melihat hal tersebut Arjuna disapa, Duryodana pun memberi salam hormat pada Sri Krisna. Setelah basa basi Duryodana mengutarakan maksud kedatangannnya, demikian pula Arjuna. Duryodana mengatakan bahwa ia lah yang paling terbih dahulu datang dan paling berhak mengajukan permintaan dukungan kepada Sri Krisna. Sri Krisna dengan bijaksana menjawab “ Tapi aku melihat Arjuna terlebih dahulu, Aku akan memberikan kesempatan kepada Arjuna terlebih dahulu karena ia yang aku lihat terlebih dahulu”. Perdebatan pun tidak bisa dielakkan, tetapi Sr Krisna bulat akan keputusannya. Akhirnya Arjuna terlebih dahulu meminta kepada Sri Krisna untuk mendukungna dan di kabulkan dengan menjadikan dirinya Sri Krisna sebagai Kusir Arjuna.

Dari dua cerita ini yaitu cerita I Nyoman Suwirta pada saat simakrama dan Mahabharata mempunyai persamaan. Persamaannya adalah siapa yang lebih duluan datang meminta dukungan. Dari cerita Mahabharata kebijaksanaan Sri Krisna patut kita tiru. Bukan siapa yang terlebih dahulu yang datang tetapi siapa yang baik, benar dan mau bersimpuh di kaki Sri Krisna. Sri Krisna sebagai perwujudan Tuhan, mampu memberikan inspirasi bagi kita semua. Pilkada Klungkung 2013 untuk memilih Calon Bupati dan Wakil Bupati Kungkung 2013 kita bisa meniru Sri Krisna, dan belajar dengannya. Suara rakyat adalah Suara Tuhan dan Sri Krisna adalah perwujudan Tuhan. Kita harus bisa menilai bukan siapa yang dulu datang, tetapi siapa yang benar, baik dan mampu membawa Klungkung Unggul dan Sejahtera. I Nyoman Suwirta telah membuktikan melalui Koperasi Pasar Sri Nadinya. Kita masyarakat Klungkung layak memilihnya, karena dengannya dipastikan Klungkung diantar masa keemasan. Klungkung yang unggul dan Sejahtera, Suwirta Menang- Klungkung Sejahtera. Apabila diibaratkan masyarakat Klungkung adalah Sri Krisna, Arjuna adalah I Nyoman Suwirta. Mari bersama menatap Klungkung yang lebih baik, Pilih Suwirta Kasta pada tanggal 23 Agustus 2913, Coblos paling kanan nomer 4.KSD

0 komentar: