/>

PILKADA BUPATI DAN WAKIL BUPATI KLUNGKUNG DI MULAI

Klungkung. Dimasa-masa kampanye calon gubernur dan wakil gubernur Bali, di Klungkung perhelatan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati juga di mulai. Pendaftaran paket dari gabungan partai dimulai sejak Sabtu (4/5) hingga Jumat (10/5). Yang pertamakali mendaftar adalah paket yang diusung tiga partai gabungan yakni Gerindra, PNBKI dan PKBP, yakni paket SUWASTA (Suwirta-Kasta) Sabtu (4/5). Pendaftaran dilakukan dengan berjalan kaki, sejauh 5 km, dari Gedung Balai Budaya AA Istri Kanya, Semarapura. 


Sebelumnya dilakukan deklarasi di Balai Budaya Klungkung. Hadir saat itu Ketua umum PNBKI Pusat Eros Jarot. Selaian itu hadir juga dari pengurus PNBKI Bali Made Darma dan Ketua DPD Gerindra Bali IB Sukarta. Dan pejabat partai di Klungkung.

Deklarasi selaian dimeriahkan artis artis Bali seperti AA Raka Sidan, Margi Cs juga dimeriahkan dengan Pragmen Tari dengan judul Suwasta Amerih Jayanti.

Pragman ini didukung oleh Sanggar Kayonan Klungkung. Cerita dalam pragmen ini diambil dari kisah Mahabrata atau Bharatayuda yangn isinya nasehat Sri Kresna kepada Arjuna. Dimana berawal dari keresahan Sri Kresna akan kondisi kerejaan Bharata diawali dengan kegagalan Raja Doryadana untuk mensejahtrakan rakyatnya. Sehingga Arjuna didaulat untuk mengantikanya karena dianggap jujur dan bersih. Akhirnya diceritakan juga kalau Arjuna dihadang olah Karna dan Duryadana dengan berbagai upaya yang akhirnya dimenangkan Arjuna karena dukungan rakyat.

Sementara itu Mangku Made Kasta yang juga calon Wakil Bupati sempat membakar semengat para simpatisanya dengan yel yel Suwasta Menang…..Klungkung Sejahtra.Kemudian dilanjutkan dengan orasi politik yang dilekukan kendidat calon Bupati Klungkung Nyoman Suwirta. Dalam orasi politiknya Suwirta yang dikenal sebagai manajer umum Kopras Srinadi Klungkung tersebut bertakad untuk mensejahtrakan ajum petani, nelayan, pedagang dan buruh juga pegawai. PNS yang bekerja tenang tidak dibawah tekanan dan orangn tua mampu menyekolahkan anak anaknya setinggi tingginya.

“Kami siap mewujudkan itu,” ujarnya disambut dengan teriakan gemuruh para simpatisanya. Sementara itu Ketua DPD Gerindra Bali IB Sukarta mengatakan kalau awalnya ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto hendak datang dalam acara ini. Namun karena ada acara lain di luar negeri akhirnya tidak jadi untuk datang. Namun demikian dirinya mengaku akan menyempaikan antusias masyarakat Klungkung yang datang untuk mendukung Suwasta.

Sementara itu Eros Jarot sempat memberikan sambutan. Ketua Umum DPP PNBKI tersebut mengakui kalau selama ini jarang ikut kempaye atau kegiatanj seperti ini. Namun kalau dirinya ikut biasanya yang didukung menang. “Untuk itu satu permintaan saya jangan sampai kalah,” dirinya juga mengakui kalau sebelum menekan rekomendasi untuk mendukung pakat ini banyak cobaan dan yang menantang. Malah diakui banyak yang minta agar jangan diberikan rekomendasi. Untuk itu dirinya sempat menayakan kepada Made Darma Ketua PNBKI Bali siapa Nyoman Suwirta dan Made Kasta.

Sementara itu menurut anggota KPU Klungkung Dewa Gede Oka Subawa mengatakan kalau berkas pendaftaran pakat Suwasta sudah diterima. Dan berkasnya sudah hampir lengkap hanya ada beberapa kekurangan dan masih banyak waktu untuk melengkapinya.

Dari dukungan parpol pakat ini juga sudah memenuhi ketentuan.Selaian itu menurut Subawa, pakat ini kemarin juga diberikan formolir untuk daftar kekayaanya. Begitu diisi nanti akan diserahkan ke KPK untuk di verifikasi.

Diakui Subawa kalau Pakat Suwasta adalah yang pertama kali mendaftar. Pendaftaran sendiri dibuka mulai 4 sampai 10 Mei mendatang. Sementara pengumuman kandidat yang lolos akan dilakukan KPU 7 Juli mendatang. Sementara itu Suwirta mengaku akan tetap focus dengan program yang ditawarkanya. Ditanya soal saingan menurut Suwirta semuanya bagus. Namun dirinya berjanji akan melakukan kempanye yang tidak menghujat atau menjelek jelekan kendidat lain.


1 komentar:

  1. Kemenangan PEMILU adalah Kemenangan Rakyat mari jaga dan sukseskan,... Salam Damai,..

    BalasHapus