/>

Guru dan Kepsek Pertanyakan Bidang Pendidikan

** Pendidikan Karakter untuk Bangun Klungkung

Klungkung. Kurang lebih tiga bulan, penulis melakukan survey kesejumlah siswa, guru dan juga kepala sekolah, terkait pemimpin Klungkung kedepan, hamper 80 persen menyatakan menunggu visi misi calon untuk pendidikan Klungkung. Salah seorang Kepala sekolah menengah ternama di Klungkung menyatakan dengan tegas, untuk menunggu pemimpin yang benar-benar memperjuangkan pendidikan. “Pendidikan Klungkung saat ini memang sudah bagus dan kerap mendapat juara Propinsi dan Nasional dan bahkan Internasional, namun untuk di Klungkung sendiri bagaimana, ini tergantung pemimpinnya,” kata salah seorang kepala sekolah ini (*nama sengaja disamarkan, karena kami tidak ingin ini menjadi move kurang baik_red).
Pada intinya guru dan kepala sekolah menginginkan siswa lebih berkarakter. Dan tidak hanya akademis saja, jika kemudian nanti terjun kemasyarakat bisa diandalkan dan sudah siap sepenuhnya.
Menjawab pertanyaan itu, Calon Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan ini sebagai gayung bersambut. Kenapa ? karena menurutnya, sebelum diminta yang akan ditekankan pertama kali bidang pendidikan di Klungkung adalah mengenai pendidikan yang berkarakter. “Jangan sampai anak-anak setelaah keluar dari bangku sekolah kosong, dalam artian mereka kurang siap untuk terjun kemasyarakat khususnya bagi mereka yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi,” kata pria Kelahiran Ceningan, Nusa Penida ini.
“Pendidikan karakter ini diselipkan pada pelajaran sekolah, tentu hal ini didahului oleh guru-guru mereka mungkin bagaimana cara mereka bergaul utamanya, pendidikan ketrampilan perlu ditegaskan, walaupun saat ini sudah ada,” tambahnya. Karena, di masyarakat khususnya masyarakat adat Bali yang wajib untuk bisa bermasyarakat perlu dididik sejak awal.
Sementara mengenai penempatan guru, menurutnya adalah hal yang penting. Agar tidak terjadi ketimpangan dalam pendidikan dan rasa ngekoh dari guru bersangkutan. Misalnya, kata dia, ada guru yang bertugas di Nusa Penida, sedangkan guru tersebut berasal dari Karangasem. Ini tentu tidak elok jika sampai guru yang semestinya mengajar enam kali dalam seminggu hanya mengajar dua hingga tiga kali saja. “Jika dari Nusa lebih baik di Nusa, jika dari Banjarangkan lebih baik di Banjarangkan, selain itu guru juga perlu berkumpul dengan keluarga dan mengurangi biaya segala macam jika harus bertugas sangat jauh,” paparnya.
Dengan berkwalitasnya guru dan siswa yang dihasilkan tentu apa yang kita inginkan bersama untuk Klungkung maju dan sejahtera bisa terwujud.(KRS)

Dalam Misinya Paket Suwasta juga Memiliki Program :

Bidang Pendidikan
a.    Pengembangan penyuluhan kesadaran masyarakat
b.    Meningkatkan anggaran pendidikan utamanya untuk pendidikan dasar
c.    Pengembangan pendidikan karakter untuk anak sekolah
d.    Pembentukan lembaga pendidikan berbasis skill guna penguatan hubungan kerja pasca masa sekolah
e.    Kerjasama intensif antara sekolah dan dunia kerja (usaha) dalam rangka penjaringan tenaga kerja di sekolah
f.     Peningkatan iklim investasi penyediaan fasilitas pendidikan anak usia dini oleh pihak swasta
g.    Monitoring dan evaluasi berjenjang terhadap kwalitas pelayanan pendidikan dan fasilitas sekolah
h.    Pemberian reward berkala bagi siswa dan pendidik berprestasi


3 komentar:

  1. Kalau kami sudah mengintegrasikan life skill ke sekolah menengah umum sejak 1993, seiring kawasan Lembongan berkembang dengan pariwisatanya,wisata darma sudah menjawabnya terbukti siswa yang belum tamat sekolah sudah bekerja di sektor pariwisata. Tidak itu saja Lembaga Perhotelan yang dulu dikenal dengan P3B Klungkung (1988) telah lama berkiprah di bumi serombotan ini bahkan di Bali Timur, dan sekarang kami sebagai generasi keduanya akan terus melanjutkan cita2 pendiri kedua lembaga tersebut, kenapa tidak mesti berkolaborasi? Maaf, apa yang sudah ada tinggal ditingkatkan saja secara kualitas tidak mesti membuat hal2 yang baru padahal casingnya sama.

    BalasHapus
  2. terima kasih ...... mohon bantu kami ... kami tulus bangun klungkung...telorkan ide2 besar untuk kemajuan klungkung

    BalasHapus
  3. Yang paling urgent dilakukan adalah meningkatkan PAD Kabupaten Klungkung, hal yg mesti direvitalisasi adalah 1. kawasan sepanjang aliran Tukad Unda, yg perlu dicarikan investor, bangun marina yang terintegrasi dengan bisnis hospitality.2. Bangun & bangkitkan sektor kelautan, jadikan Nusa Penida sebagai kawasan industri maritim,bangun pabrik rumput laut dgn menggandeng investor,tangkap ikan dengan alat yg canggih dan bikin cold storage utk penangkapan hasil laut lalu di ekspor 3.Kendalikan ijin ijin ritel 4. Jangan mematikan usaha kecil(UKM) masyarakat yang sejenis, supaya tidak terjadi kecemburuan 5. Buat usaha kerakyatan yang belum ada,sehingga menciptakan lapangan kerja baru 6. Rangkul semua komponen,baik masyarakat kecil,menengah keatas dan golongan akademis 7.Hilangkan sikap pragmatisme kedaerahan,supaya tidak terjadi ego yang berlebihan. Semoga masukan ini berguna demi Klungkung yang Sejahtera.

    BalasHapus